Pengertian, ciri-ciri, dan klasifikasi dari Nemathelminthes (cacing gilig)

Pengertian, ciri-ciri, dan klasifikasi dari Nemathelminthes (cacing gilig)

- Pengertian Nemathelminthes (cacing gilig) itu sendiri dalam bahasa yunani Nemathelminthes itu sendiri berarti cacing berkas. yaitu filum yang sudah pernah dipakai di kerajaan hewan (Animalia), dan pengelempokan ini sekarang tidak digunakan lagi karena polifiletik. Anggota-anggotanya sendiri mencakup berbagai cacing yang dikenal dengan cacing gilig yang mana bentuk hewan itu sendiri seperti silinder yang memanjang. Adapun ciri-ciri dan klasifikasi Nemathelminthes (Cacing Gilik) adalah sebagai berikut.


1. Ciri-ciri Nemathelminthes (Cacing Gilig)
- Tubuhnya berbentuk bulat panjang seperti benang dengan ujung-ujung yang meruncing (gilik), simetri radial, dan triploblastic pseudoselomata (memiliki tiga lapisan embrional dan memiliki selom atau rongga tubuh semu).
- Sudah mempunyai saluran pencernaan dan mempunyai reproduksi seksual.

2. Klasifikasi Nemathelminthes (Cacing Gilig)
Pada umumnya cacing gilig selalu merugikan manusia karena menjadi parasite pada tubuh manusia. Adapun beberapa contoh cacing gilig yang merugikan manusia adalah sebagai berikut:
- Ascaris lumbricoides (cacing perut)
Hidup parasite di usus halus manusia dan mereka mengisap zat-zat makanan. Dan berbentuk bulat memanjang dengan panjang tubuh sekitar 15-31 cm untuk jantan dan 20-40 cm untuk betina. Tubuhnya licin karena tertutup oleh lapisan kutikula. Masuknya telur cacing ke dalam tubuh manusia yaitu melalui makanan (oral). Infeksi akut cacing ini pada manusia bisa menyebabkan kurang gizi.

- Ancylostoma duodenale dan Necator americanus (cacing tambang)
Hidup parasite di usus halus manusia dengan mengisap darah dan juga cairan tubuh. Larva filaform kemudian masuk ke dalam tubuh manusia melalui pori-pori kulit. Dan infeksi cacing ini pada manusia bisa menyebabkan anemia (kurang darah).

- Oxyuris vermicularis (cacing kremi)
Hidupnya di usus besar. Masuknya telur cacing ke dalam tubuh manusia yaitu melalui makanan (oral). Infeksi daric acing ini ditunjukkan oleh rasa gatal di sekitar anus kita. Rasa gatal tersebut terjadi karena cacing dewasa meletakkan telurnya di anus. Apabila digaruk, maka telur tersebut dapat menempel di tangan kita lalu masuk kembali ke dalam tubuh kita ketika seseorang makan dengan menggunakan tangan yang tidak bersih. Peristiwa tersebut dapat disebut dengan autoinfeksi .

- Wuchereria bancrofti atau Filaria bancrofti (cacing rambut)
Hidup parasite ini di pembuluh getah bening (pembuluh limfa) manusia. Masuknya adalah cacing masuk kedalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Culex . Infeksi cacing ini bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh getah bening sehingga terjadi akumulasi cairan dan pembengkakan, terutama di kaki yang disebut dengan penyakit kaki gajah .

- Trichinella spiralis (cacing otot)
Hidup parasite pada otot manusia dan bisa menyebabkan penyakit trichinosis (yaitu kerusakan otot). Masuknya cacing ke dalam tubuh manusia melalu makanan (oral).

Related Posts:

1 Response to "Pengertian, ciri-ciri, dan klasifikasi dari Nemathelminthes (cacing gilig)"

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan