Pengertian, tata letak, dan fungsi pada Keyboard

Pengertian, tata letak, dan fungsi pada Keyboard

Ada beberapa macam keyboard yang biasa digunakan pada beberapa jenis peranti perangkat keras computer, seperti keyboard yang digunakan pada PC, Teleprinter Terminal , Electric Fund Transfer , Automated Teller Machine , dan Keyboard pada Cash Register . Adapun Pengertian dan beberapa macam tata letak tombol Keyboard adalah sebagai berikut.

image

1. Pengertian Keyboard

- Pengertian keyboard (papan tombol) merupakan sebuah alat input yang paling umum digunakan untuk memasukkan data dan juga menulis program melalui penekanan tombol yang terdapat pada keyboard .

Keyboard yang digunakan pada computer mikro secara umum ada dua jenis . Pembedanya itu sendiri berdasarkan jumlah tombol yang ada pada keyboard. Jenis pertama dari keyboard yaitu yang mempunyai 88 tombol dan yang kedua yaitu yang menggunakan 101 tombol. Meskipun bentuk dan karakteristiknya sama, keyboard untuk computer PC atau XT tidak bisa digunakan pada computer PC atau AT 386.

2. Beberapa macam tata letak tombol pada Keyboard

a. QWERTY : tata letak yang sangat umum digunakan, yaitu sekitar 48% gerakan di antara kunci yang berurutan dilakukan dengan menggunakan sebuah tangan dan 56% beban pengetikan berada pada tangan kiri.
b. Dvorak : keyboard didesain dengan sedemikian rupa sehingga tangan kananya bisa membebani lebih banyak pekerjaan dibandingkan dengan tangan kiri.
c. Alphabetic : tombol pada keyboardnya disusun seperti tata letak QWERTY dan Dvorak , tetapi susunan hurufnya harus berurutan seperti pada alphabet.
d. Klockenberg : tata letak pada kerboard biasanya didesain untuk mengurangi beban otot pada jari-jemari dan juga pergelangan tangan serta beban otot pada tangan dan bahu juga.
e. Palantype: Pada keyboard mempunyai kelebihan bagi penggunanya yang kurang pada pendengarannya, mempunyai akurasi tinggi dalam pengetikan, dan juga kecepatan pengetikan kurang lebih 80 sampai dengan 120 kata per menit.
f. Stenotype : bisa disebut dengan mesin ketik yang digunakan oleh stenographer dengan menggunakan keyboard seperti demekian, kita bisa melakukan pengetikan rata-rata 225 kata permenit.

Sebuah keyboard pada komputer mikro umumnya dibagi dalam tiga bagian yaitu :

a. Type Writer Keys (Tombol mesin ketik)
Susunan pada tombolnya sendiri mirip dengan mesin ketik biasa, tetapi ada beberapa tambahan tombol seperti ALT, CTRL, DEL, dan juga ENTER.

b. Function Keys
Letaknya di sebelah kiri atau bisa juga diatas Type Writer Keys dan terdiri atas 10 sampai dengan 12 buah kunci fungsi yang ditandai dengan F1 sampai dengan F12. Dan tombol fungsi itu akan mengirimkan instruksi kepada komputer menurut kriteria software atau [erangkat lunak yang sedang digunakan. Adapun beberapa tombol fungsi yang sangat berguna seperti :

- F1 berfungsi untuk menampilkan perintah sebelumnya pada tiap karakter
- F2 berfungsi untuk menampilkan semua perintah yang sudah diberikan sebelumnya
- F5 berfungsi untuk menghentikan proses AUTOEXE.BAT dan CONFIG.SYS pada saat melakukan booting
- F8 berfungsi untuk menampilkan pilihan-pilihan untuk menjalankan CONFIG.SYS dan juga AUTOEXE.BAT

c. Numeric Keys
Terletak di bagian sebelah kanan Type Write Key yang dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai penggerak kursor dan juga tombol angka (dapat berfungsi sebagai tombol kalkulator).

3. Fungsi beberapa tombol pada keyboard komputer mikro


- Tombol Number Lock : bila di on kan, maka tombol numeric 0 sampai dengan 9 akan aktif, sedangkan jika di off kan, maka tombol numeric berfungsi sebagai penggerak kursor.
- Tombol Scrool Lock : fungsinya tergantung pada program yang mau dipakai.
- Tombol Insert : jika di on kan dapat menyisipkan huruf di antara dua karakter di mana posisi kursor sedang berada.
- Tombol Delete : berfungsi menghapus satu atau sebagian karakter di sebelah kanan kursor.
- Tombol Pg Up : berfungsi untuk memindahkan memindahkan kursor satu layar monitor ke atas.
- Tombol Pg Down : berfungsi untuk memindahkan memindahkan kursor satu layar ke bawah.
- Tombol Escape : tergantung program yang kita pakai.
- Tombol Shift : digunakan untuk mengubah penampilan huruf kecil menjadi huruf capital atau bisa juga divariasikan dengan tombol-tombol lainnya.
- Tombol Alternate : biasanya digunakan bersama dengan tombol lain dan tergantung pada program yang dipakai.
- Tombol Control : dipakai bersama dengan tombol lain dan tergantung pada program yang dipakai.
- Tombol Bakcspase : dipakai untuk menggerakkan satu karakter ke kiri sambil menghapus karakter di posisi baru.
- Tombol Enter : dipakai untuk mengakhiri sebuah perintah atau menggerakkan kursor ke awal baris di bawahnya.
- Tombol Print Screen : digunakan bersama dengan tombol Shift yang dipakai untuk mencetak semua object yang ada pada layar monitor ke printer.
- Tombol Caps Lock : Jika sedang on, maka semua karakter menjadi huruf capital, dan jika sedang off maka akan kembali menjadi huruf kecil semua.

Related Posts:

2 Responses to "Pengertian, tata letak, dan fungsi pada Keyboard"

  1. Lanjutin dengan postingan "Cara mengetik dengan 10 Jari" Biar makin lengkap artikelnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke terimksih atas saranny mas, akn sya buat pada postingan selanjutnya.

      Delete

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan