Pengertian dari evolusi kimia dan biologi

Pengertian dari evolusi kimia dan biologi

Selamat malam sobat, gimana kabarnya? Kali ini admin akan menjelaskan mengenai apa sih evolusi kimia dan evolusi biologi itu sendiri, pastinya masih banyak yang belum tahu mengenai pengertian dari kedua evolusi tersebut.

image

Pengertian dari evolusi kimia dan biologi

a. Teori evolusi kimia dikemukakan oleh Harold Urey , dia mengemukakan hipotesisnya bahwa atmosfer purba itu sangat kaya sekali dengan gas metana (CH4), hydrogen (H2), uap air (H2O) dan ammonia (NH3). Dari gas-gas tersebut dengan bantuan sinar kosmis dan halilintar, kemudian terbentuk makhluk hidup. Hipotesis Urey dibuktikan oleh Stanley Miller dengan memasukkan gas-gas yang diduga ada di atmosfer purba (CH4, H2, H2O) dan juga NH3) lalu dialiri listrik bertegangan tinggi. Hasil eksperimennya menunjukkan bahwa terbentuk molekul asam amino yang merupakan substansi dasar dari sebuah kehidupan.

b. Teori evolusi biologi dikemukakan oleh Alexandeer Oparin . Ia mengemukakan hipotesis bahwa makhluk hidup pertama merupakan hasil dari evolusi molekul anorganik yang kemudian berkembang menjadi struktur kehidupan (sel) melalui proses sebagai berikut:

  • Reaksi CH4, NH3, H2, dan H2o membentuk protobion yang berupa molekul asam amino dan asam nukleat yang dalam jangka panjang menjadi timbunan molekul organic di lautan yang disebut “sop purba”.

  • Protobion merupakan bahan dasar dari pembentukan sel purba yang disebut progenot .

  • Progenot berkembang menjadi kelompok sel-sel prokariotik purba contohnya Archaebacteria .

  • Sel-sel prokariotik akan mengalami proses perubahan organel sel menjadi lebih kompleks sehingga dihasilkan sel eukariotik.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dari evolusi kimia dan biologi"

Post a Comment

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan