Bukti atau petunjuk adanya evolusi

Bukti atau petunjuk adanya evolusi

Teori evolusi menjelaskan tentang terbentuknya makhluk hidup melalui proses perubahan pada makhluk yang berlangsung secara perlahan dan jangka waktu yang lama. Lalu apakah ada Bukti atau petunjuk adanya evolusi itu sendiri?

image

Berikut ini beberapa bukti atau petunjuk yang mendukung teori evolusi Darwin adalah sebagai berikut. Yaitu:
a. Adanya variasi individu yang mana mengakibatkan tidak adanya individu yang identic, bahkan makhluk hidup yang kembar identic (1 telur) masih mempunyai variasi.

b. Homolgi yaitu organ-organ yang memiliki asal yang sama, tetapi fungsinya berbeda. Contohnya yaitu: tangan manusia, sayap kelelawar, dan kaki depan kuda yang mempunyai asal yang sama. Tetapi fungsinya berbeda. Gejala ini pun membuktikan bahwa dalam perkembangannya, sehingga mengalami perubahan struktur dan fungsi. Lawan dari homologi itu sendiri yaitu analogi , yaitu organ yang fungsinya sama, tetapi berasal dari struktur yang berbeda.

c. Embriologi perbandingan menunjukkan bahwa adanya sebuah persamaan:

  • Urutan perkembangan embrio hewan dari fertilisasi-zigot-blastula-gastrula-diferensiasi dan spesialisasi .

  • Bentuk embrio yang mirip pada hewan vertebrata dan semuanya mempunyai kantong insang yang kemudian mengalami perkembangan yang berbeda: dimana pada ikan tetap menjadi insang, dan pada manusia menjadi daun telinga.

Perkembangan embrio dari zigot sampai menjadi individu lengkap disebut dengan ontogeny , sedangkan perubahan organisme dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks disebut dengan filogeni . Ontogeni menunjukkan filogeni yang dipersingkat.

d. Fosil adalah sisa-sisa dari organisme yang sudah menjadi batu. Dari hasil studi bisa diperoleh gambaran tentang organisme di masa lampau. Salah satu studi fosil yang cukup lengkap adalah fosil dari nenek moyang kuda yang menunjukkan berubahnya dari nenek moyang sampai menjadi kuda yang seperti sekarang dengan perkembangannya sebagai berikut:

  • Eohippus (Eosin atau 60 juta tahun yang lalu) dimana mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: tubuhnya sebesar kucing, kaki depan berjari empat, kaki belakang berjari tiga, dan gigi geraham mempunyai mahkota rendah tidak bergerigi.

  • Mesohippus (Oligosen atau 40 juta tahun yang lalu) dimana mempunyai ciri-ciri: ukuran tubuh membesar, jari kaki depan dan belakang ada tiga, dan geraham depannya menyerupai geraham belakang.

  • Merychippus (Miosin atau 30 juta tahun yang lalu) dimana mempunyai ciri-ciri: ukuran tubuh membesar, kedua jari terluarnya memendek sehingga hanya jari tengah saja yang menyentuh tanah, mahkota gerahamnya tinggi serta bergerigi sesuai untuk makan rumput.

  • Pliohippus (Pleosen atau 10 juta tahun yang lalu) dimana mempunyai ciri-ciri: ukuran tubuh besar, jarinya hanya satu, mahkota gerahamnya lebih tinggi, dan gigi makin kompleks.

  • Equus (1 juta tahun yang lalu) dimana mempunyai struktur yang sama dengan kuda yang hidup saat ini.

e. Orgam tubuh tersisa yaitu organ yang dahulunya pernah dimiliki, namun sekarang sudah menghilang meski masih ada bekasnya. Contohnya yaitu: usus buntu pada manusia, tulang ekor, giri taring, dan lain-lain.

f. Substansi genetik adalah molekul yang mengatur sifat gen. Fakta menunjukkan bahwa sifat gen seluruh organisme diatur oleh molekul yang sama (DNA) dan dengan cara yang sama juga.

Related Posts:

0 Response to "Bukti atau petunjuk adanya evolusi"

Post a Comment

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan