Teori evolusi (asal usul dari kehidupan)

Teori evolusi (asal usul dari kehidupan)

Selamat malam sobat, kali ini kita akan membahas mengenai teori evolusi dari asal usul kehidupan itu sendiri, baiklah tidak usah menunggu lebih lama lagi langsung kia lihat saja artikel berikut ini.

image

Asal-usul kehidupan


Beberapa dari pemikiran mengenai asal-usul kehidupan yang pernah dikemukakan sebagai berikut:
a. Teori kreasi khas yang menyatakan bahwa kehidupan itu diciptakan oleh kekuatan supernatural/gaib/Tuhan.

b. Teori kosmozoan yang menyatakan bahwa kehidupan itu berasal dari luar angkasa dan masuk ke bumi melalui benda langit yang sampai ke bumi.

c. Teori abiogenesis atau generatio spontanea yang menyatakan bahwa kehidupan dapat muncul secara spontan dari benda mati. Toeri ini dikemukakan oleh Aristoteles yang diperkuat melalui temuan mikroskop oleh Antonie van Leeuwenhoek, yaitu adanya mikroorganisme pada rendaman jerami.

d. Teori biogenesis yang menyatakan bahwa kehidupan itu berasal dari makhluk hidup yang sudah ada sebelumnya. Adapun penelitian yang dilakukan untuk mendukung teori biogenesis dan menolak abiogenesis adalah sebagai berikut:

  • Fransisco Redi yang menempatkan sekerat daging pada sebuah toples yang terbuka dan tertutup. Dan setelah beberapa hari muncul belatung pada toples yang terbuka.

  • Lazzaro Spallanzani mendidihkan kaldu pada labu yang tertutup dan terbuka. Dan setelah dibiarkan beberapa hari, hasilnya labu yang terbuka keruh sedangkan labu yang tertutup tetap jernih.

  • Louis Pasteur yang mendidihkan kaldu pada labu yang diberi tutup pipa berbentuk seperti leher angsa sehingga mulut labu tetap terbuka, tetapi di dalam pipa leher angsa tersebut terdapat air yang menutup labu dari udara luar. Dan hasilnya pun kaldu dalam tersebut tetap jernih.

e. Teori evolusi yang menjelaskan bahwa asal mula terbentuknya makhluk hidup melalui sebuah proses perubahan dari makhluk secara perlahan dan dalam jangka waktu yang panjang. Adapun beberapa teori evolusi yang telah dirumuskan oleh para ahli biologi diantaranya:

  • Jean-Baptiste Lamarck yang mengemukakan bahwa alam sekitar (lingkungan) memiliki pengaruh terhadap perubahan organ organisme (adaptasi) dan perubahan tersebut kemudian diwariskan. Dan dengan demikian organ yang sering digunakan akan bisa berkembang, sedangkan organ yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran. Teori ini pun menjelaskan munculnya jerapah berleher panjang karena jerapah yang berleher pendek beradaptasi untuk mendapatkan makanan (daun-daunan) di pohon-pohon yang tinggi.

  • Charles Darwin yang mengemukakan hipotesis seleksi alam dalam bukunya yang berjudul “On The Origin of Species by Means of Natural Selection” pada tahun 1859. Adapun pokok pikiran yang mendasari teori evolusi Darwin adalah sebagai berikut:
  • tidak ada dua individu yang identic.

  • setiap populasi cenderung bertambah banyak karena memilki kemampuan dalam berkembang biak.

  • untuk berkembang biak diperlukan makanan dan juga ruang yang cukup.

  • kenyataan menunjukkan bahwa bertambahnya populasi itu tidak berlangsung terus-menerus.

Seleksi alam menurut Darwin adalah sebagai berikut:
a) keberhasilan yang berbeda dalam reproduksi,
b) terjadi melalui interaksi antara linkungan dengan keanekaragaman yang melekat di antara individu organisme yang menyusun populasi,
c) produk yang berupa adaptasi populasi dengan lingkungannya.

Menurut teori evolusi Darwin munculnya jerapah berleher panjang bisa dijelaskan bahwa di dalam populasi jerapah itu terdapat variasi ukuran leher. Dan oleh karena itu makanan (daun-daunan) jika semakin tinggi, maka jerapah berleher panjang akan bertahan hidup, sedangkan jerapah yang berleher pendek akan punah.

Related Posts:

0 Response to "Teori evolusi (asal usul dari kehidupan)"

Post a Comment

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan