Pengertian , ciri-ciri serta macam-macam dari Bioma

Pengertian , ciri-ciri serta macam-macam dari Bioma

Bioma merupakan ekosistem besar dengan daerahnya yang luas dimana terdiri dari fauna dan juga flora yang khas.

1. Pengertian bioma

Bioma sendiri adalah ekosistem-ekosistem yang terbentuk oleh perbedaan letak dari geografis dan astronomis. Dan pada dasarnya bioma itu terdiri dari produsen , consume, dan juga pengurai yang di dalamnya terjadi siklus yang diawali dari tumbuhan.

image

2. Ciri-ciri dari bioma
- Terbentuknya interaksi unsur-unsur lingkungan seperti iklim, tanah, air, serta organisme yang hidup pada suatu daerah.
- Bisa dikenali dengan melihat dominasi pada vegetasinya.
- Yaitu komunitas dari kumpulan macam-macam populasi sebagai penanda dari daerah tersebut dimana terdapat bentuk vegetasi utamanya yang mendominasi.
- Penamaan bioma pada umumnya didasarkan pada dominasi dari vegetasinya.
- Komunitasnya yang cukup stabil, kecuali di suatu kejadian yang mengganggu kestablian komunitasnya.

3. Macam-macam dari bioma
- bioma stepa(padang rumput) : yaitu persebaran bioma gurun banyak yang tedapat di benua Australia (Gibson) , Indonesia (parangtritis), Afrika utara (sahara) , dan Amerika utara (great basi).
- Bioma tundra : merupakan bioma yang berada di sekitar kutub utara dan sebagian nya ada di selatan. Bioma tundra sendiri tidak ditemukan pada pepohonan, tetapi hanya tumbuhan kecil saja seperti umput dan juga lumut. Lokasi dari wilayah bioma sendiri terdapat di sekitar lingkar artik.
- Bioma gurun : merupakan daerah yang menerima curah hujan paling sedikit sekitar 250mm/tahun. Gurunnya sendiri dianggap memiliki kemampuan yang kecil dalam mendukung sebuah kehidupan. Dan jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini bisa saja benar. Tetapi jika diperhatikan dengan seksama, gurun sendiri biasanya memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi khususnya di siang hari.
- bioma taiga : Taiga sendiri berarti huan yang tersusun dari satu spesiescontohnya conifer, pinus dan sejenisnya. Semak dan juga tumbuhan basah sangat sedikit sekali, sedangkan hewannya antara lain seperti beruang, rubah, serigala . Taiga sendiri banyak sekali ditemukan paada belahan bumi bagian utara, contohnya wilayah negara Rusia dan juga Kanada. Adapun bioma taiga sendiri adalah bioma yang terluas dari bioma-bioma yang lainnya.
- Bioma hutan gugur : merupakan bioma yang terletak di kisaran 30-40 derajat lintang LU?LS dan beriklim sedang. Bioma hutan gugur sendiri berada di wilayah Amerika serikat tepatnya di bagian timur, ujung selatan benua Amerika, Australia, sera Kepulauan Inggris.
- Bioma hutan hujan tropis : merupakan bioma yang berupa hutan basa yang bisa ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa. Hutan hujan tropis bisa diartikan sebagai hutan yang terletak di daerah tropis dengan curah hujannya yang cukup tinggi. Adapun contoh dari hutan hujan tropis sendiri yaitu berada di Meksiko, Australia, Amerika selatan, dan juga Amerika tengah.
- Bioma sabana : merupakan padang rumput yang diselingi oleh gerombolan semak dan juga pohon. Dan berdasarkan dari jenis tumbuhannya yang menyusun sabana bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu sabana murni (satu jenis tumbuhan) dan satu lagi sabana campuran(campuran dari jenis tumbuhan). Adapun persebaran dari bioma sabana sendiri terdapat di Afrika, Australia, Indonesia (Nusa Tenggara), dan Amerika Selatan.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian , ciri-ciri serta macam-macam dari Bioma"

Post a Comment

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan