Pengertian, klasifikasi, serta ciri-ciri Echinodermata

Pengertian, klasifikasi, serta ciri-ciri Echinodermata

Echinodermata merupakan kelompok dari hewan berduri yang gerakannya lamban dengan bantuan dari kaki tabung serta berada di kedalaman laut. Adapun pengertian, klasifikasi, serta ciri-ciri Echinodermata berikut penjelasannya:

Pengertian Echinodermata


Pengertian Echinodermata dalam istilah yunani berasal dari kata echi yang artinya berduri, dan derma yang artinya kulit. Jadi maksudna yaitu hewan berduri yang bergerak lamban yang hidupnya berada di kedalaman laut. Echinodermata hidupnya di laut atau air payau.

Klasifikasi Echinodermata


Berikut ini klasifikasi atau kelas dari Echinodermata yaitu:
- A. Kelas Crinoidea : yaitu bentuk tubuhnya mirip dengan bunga atau tumbuhan. Crinoidea merupakan anggota dari fillum Echinodermata yang spesiesnya paling sedikit sekitar 550 spesies, dan kelompok yang paling primitive dari filum Echinodermata.
- B. Kelas Echinoidea : yaitu kelas Echinodermata dimana tubuhnya dipenuhi duri. Contoh nya yaitu bulu babi dan landak laut adalah salah satu jenis dari kelas echinoidea. Bentuk tubuh dari echinoidea yaitu sedikit bulat dan tidak memiliki lengan.
- C. Kelas Archoidea : yaitu hewan yang berbentuk bintang yang biasa disebut dengan bintang laut. Astroida sendiri sering kali ditemukan di laut pantai. Astroidea adalah spesies paling banyak dari kelas filum Echinodermata yaitu sekitar 1.600 spesies.
- D. Kelas Ophiuroidea : yaitu kelas yang bentuknya menyerupai bintang laut, akan tetapi mempunyai lengan yang lebih panjang dan lebih kurus serta cakram pusat tubuhnya yang lebih jelas. Kelas dari ophiuroidea juga sering disebut dengan bintang mengular. Dimana hewan ini tidak memiliki anus dan hidupnya biasanya di sela berbatuan.
- E. Kelas Holothuroidea : yaitu hewan yang bentuk tubuhnya bulat memanjang dari permukaan oral ke permukaan aboral. Tubuhnya sendiri terlihat seperti buah timun sehingga sering disebut sebagai timun laut. Akan tetapi konsistensi dari tubuhnya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kelas lain dan mempunyaitubuh halus serta lunak dan tergolong mempunyai bagian tubuh yang berkelipatan lima dengan sistem ambulakral.

Ciri-Ciri Echinodermata



image

Adapun dibawah ini ciri-ciri dari Echinodermata yaitu:
- Memiliki sistem pencernaan sempurna kecuali bintang laut yang tidak memiliki anus.
- Mempunyai sistem tabung berupa jaringan hidrolik.
- Tidak mempunyai sistem eksresi .
- Pada permukaan tubuhnya terdiri dari tonjolan-tonjolan yang mirip dengan duri.
- Perkembangbiakannya secara seksual.
- Mempunyai bentuk tubuh yang simetri bilateral ketika masih larva, dan ketika dewasa bentuk tubuhnya simeti radial.
- Tubuh dari Echinodermata terdiri dari 3 lapisan dan memiliki rongga tubuh yang disebut dengan tripoblastik.
- Pada Echinodermata bergerak dengan ambulakral yaitu kaki tabung dengan lubang-lubang yang kecil dimana berfungsi untuk menghisap.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, klasifikasi, serta ciri-ciri Echinodermata"

Post a Comment

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan