Pengertian, klasifikasi, serta ciri-ciri dari flagellata

Pengertian, klasifikasi, serta ciri-ciri dari flagellata

Salah satu dari anggota kelompok mastigophora yaitu flagellate heterotroph (tidak mempunyai klorofil), flagellate heterotroph sendiri disebut dengan zoomastigophora atau zooflagellata. Adapun berikut ini pengertian, klasifikasi, serta ciri-ciri flagellate yaitu:

1. Pengertian Flagellata
Flagellata merupakan protozoa yang bergerak dengan menggunakan flagel (bulu cambuk), dalam bahasa latin flagellate berasal dari kata flagel yang berarti cambuk.

2. Klasifikasi Flagellata
Adapun klasifikasi flagellata dilihat dari bentuknya yaitu:
A. Fitoflagellata yaitu flagellate yang bisa berfotosintesis karena mempunyai klorofil. Fitoflagellata dapat mencernakan makanannya dengan berbagai macam cara. Contohnya seperti menelan kemudian mencernakannya dalam tubuhnya (holozoic), dapat membuat makanan sendiri (holofitik), atau dapat mencerna organisme yang sudah mati (saprofitik).
B. Zooflagellata yaitu flagellate yang tidak berkloroplas dan bentuknya seperti hewan. Zooflagellata sendiri habitatnya ada di air tawar dan di air laut. Dan sebagian besar dari zooflagellata bersfiat parasite, walaupun ada juga yang hidupnya bebas.

image

3. Ciri-ciri Flagellata
- Mempunyai pelikel
- Mempunyai mitokondira atau tidak
- Bergerak dengan bulu cambuk
- Berkoloni atau uniseluler
- Tidak bisa membentuk sista
- Hidupnya di air tawar dan di air laut
- Hidup secara simbiosis mutualisme atau secara parasite
- Mempunyai bentuk tubuh yang tetap tanpa rangka luar, dan tubuhnya dilindungi oleh suatu selaput yang fleksibel disebut dengan pellicle, serta disebelah luarnya terdapat selaput plasma.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, klasifikasi, serta ciri-ciri dari flagellata"

Post a Comment

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan