Pengertian serta jenis bakteri Heterotrof dan Autotrof

Pengertian serta jenis bakteri Heterotrof dan Autotrof

Bakteri ada banyak sekali jenis bakteri di dunia ini akan tetapi ada dua jenis bakteri yang kali ini akan kita bahas berdasarkan dari cara memperoleh makanannya, dan dibawah ini pengertian serta jenis bakteri heterotroph dan bakteri autotrof.

Pengertian bakteri heterotrof

- Pengertian bakteri heterotrof yaitu bakteri yang mendapatkan makanan berupa senyawa organic dari organisme lainnya. Bakteri heterotrof sendiri berasal dari kata hetero yang artinya yang lain, dan trophein yang artinya makanan.

bakteri

Pengertian bakteri autotrof

- Pengertian bakteri heterotrof yaitu bakteri yang bisa membuat makanannya sendiri dari senyawa anorganik. Agar bisa membuat makanannya sendiri bakteri ini memerlukan menyusun makanannya. Bakteri autotrof sendiri berasal dari kata auto yang artinya sendiri, dan trophein yang artinya makanan.

Jenis bakteri autotrof

Adapun dibawah ini jenis bakteri autotrof yaitu:
A. Bakteri fotoautotrof yaitu bakteri yang bisa membuat makanannya sendiri dengan cara menggunakan energy yang berasal dari cahaya matahari atau juga dengan proses fotosintesis. Bakteri fotoautotrof sendiri mempunyai pigmen-pigmen fotosintetik, antara lain yaitu pigmen hijau yang disebut dengan (bakterioviridin), pigmen ungu (bakteriorhodopsin), pigmen kuning (karoten), serta pigmen merah (bakteriopurpurin). Contoh dari bakteri fotoautotrof sendiri yaitu Chlorobium (warnanya hijdau dan berfotosintesis apabila da hydrogen sulfide serta dapat menghasilkan belerang).
B. Bakteri kemoautotrof merupakan bakteri yang bisa membuat makanannya sendiri dengan cara menggunakan energi kimia. Dimana energi kimia ini berasal dari reaksi oksida senyawa organic contohnya seperti NH3, belerang(S). Contoh dari bakteri kemoautotrof sendiri yaitu Nicrobarter (mengoksidasi nitrit), dan bakteri Methanomonas (dapat menghasilkan gas metana).

Jenis bakteri heterotrof

Adapun dibawah ini jenis bakteri heterotrof yaitu:
A. Bakteri saproba (pengurai) yaitu bakteri yang mendapatkan makanan dengan cara menguraikan organisme yang sudah mati atau bahan organic lain. Bakteri saproba sendiri adalah organisme pengurai bangkai, sampah, dan tumbuhan yang sudah mati. Contoh bakteri saproba yaitu Cellvibrio dan Cellfacicula (merupakan pengurai selulosa di dalam tanah) dan Alcaligenes (aproba di dalam usus besar vertebrata).
B. Bakteri bersimbiosis mutualisme yaitu bakteri yang makanannya terdapat pada organisme lainnya. Dan juga dapat memberikan keuntungan bagi organisme tersebut. Contoh bakteri bersimbiosis mutualisme yaitu Escherichia coli bakteri yang hidup di usus besar manusia yang bisa dikatakan bersimbiosis mutualisme dikarenakan bakteri ini mendapatkan makanan dari sisa pencernaan sedangkan dari manusia itu sendiri mendapatkan keuntungan dari fungsi bakteri yang dapat membantu menguraikan sisa-sisa makanan dan juga menghasilkan vitamin K. C. Bakteri parasit yaitu bakteri yang mendapatkan makanannya dari tubuh organisme lain yang ditumpanginya. Bakteri ini pada umumnya bersifat pathogen (dapat menyebabkan penyakit) bagi tubuh inangnya. Contoh bakteri parasit yaitu Corynebacterium diphtheria (dapat menyebabkan penyakit difteri.

Related Posts:

6 Responses to "Pengertian serta jenis bakteri Heterotrof dan Autotrof"

  1. setelah ane baca artikel ini jadi tambah ilmu nih tentang jenis bakteri

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga wawasanny trus bertmbh dgn mmbca artikel-artikel dsni :)

      Delete
  2. bakteri itu sama dengan virus ya gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda mas kalau bakteri itu organisme besel tunggal, sedangkan virus itu mikroorganisme parasit berukuran kecil.

      Delete

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan