Pengertian serta klasifikasi dari Pisces (ikan)

Pengertian serta klasifikasi dari Pisces (ikan)

Pengertian pisces yaitu binatang-binatang yang hidupnya di dalam air. Yang mana pada klasifikasi hewan ini akan mempermudah bagi beberapa peneliti untuk mempelajari beberapa hewan ini.

Klasifikasi dari pisces (ikan)

Pisces (ikan) mempunyai berbagai macam jenis yang diklasifikasikan berdasarkan dengan ciri-ciri dari jenis spesies pisces itu sendiri. Adapun dibawah ini klasifikasi pisces (ikan) yaitu :
a. Agnatha (Cyclostomata)
Kata agnatha sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu an yang artinya tidak, dan gnathus yang artinya rahang. Spesies dari klasifikasi agnatha sendiri terdapat di Amerika Utara serta Eropa. Dan sebagian besar dari mereka hidup di dasar perairan laut dan juga ada yang di air tawar yang mana makanan mereka sendiri yaitu berupa bangkai ataupun parasit yang terdapat pada ikan yang lainnya. Bentuk tubuh dari agnatha (Cyclostomata ) yaitu silindris yang memanjang dengan ukurannya 76-90 cm, pada spesises agnatha sendiri tidak mempunyai rahang tetapi memiliki mulut yang berbentuk seperti lingkaran, mempunyai lidah serta gigi yang tersusun dari zat tanduk, tidak mempunyai sirip yang berpasangan, tidak bersisik, dan mempunyai tubuh yang lunak dan berlendir. Contoh dari agnatha yaitu belut laut atau lamprey laut.

pisces

b. Chondrichtyes
Chondrichthyes yang dalam bahasa yunani kata chondros yang artinya rawan dan ichthyes yang artinya ikan yang hidup dilaut. Chondrichthyes mempunyai bentuk tubuh yang tertutup oleh sisik-sisik palkoid kasar dengan berisi dentin (mesodermal) yang dilapisi oleh email (ektodernal). Dan pada otot-otot tubuhnya memiliki segmen miotom), pada chondrichtyes rangka atau sendoskletonnnya tersusun dari tulang rawan. Pada alat pencernaannya sendiri mulai dari mulut, faring, esophagus, lambung, usus, rectum serta kloaka. Contoh dari chondrichtyes yaitu ikan hiu dan ikan pari.

c. Osteichthyes
Osheichthyes yang dalam bahasa Yunani osteon yang artinya tulang dan ichtys yang artinya ikan. Osteichthyes hidupnya sendiri di laut, air tawar, dan ada juga yang hidupnya di rawa-rawa, ukuran dari osteichtyes beragam. Spesies osteichthyes merupakan ikan yang mempunyai tulang sejati dengan endoskeleton yang mengandung matriks klasium fosfat yang keras, kulitnya yang ditutupi oleh sisik yang bertipe ganoid, sikloid akan tetapi ada juga yang tidak bersisik, otot tubuhnya bersegmen, mulutnya yan berahang dengan gigi serta lidah. Spesies dari osteichthyes sendiri bernapas dengan insang yang ditutupi oleh operculum (tutup insang). Alat indra dari osteichthyes berupa mata, telingan, saku olfaktoris pada moncong dan gurat sisi yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan tekanan arus air. Adapun contoh dari osteichthyes yaitu ikan terbang dan kuda ikan laut.

Related Posts:

5 Responses to "Pengertian serta klasifikasi dari Pisces (ikan)"

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan