Pengertian Korosif dan Kaitannya dengan Asam Sulfat

Pengertian Korosif dan Kaitannya dengan Asam Sulfat

Pengertian Korosif merupakan sifat kimia yang sangat reaktif dimana bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sebuah benda contohnya logam, akan tetapi bisa juga menyebabkan kerusakan pada kulit, jaringan mata serta bagian lain dari tubuh jika terjadi kontak fisik. Karat serta oksidasi elektrokimia marupakan bentuk-bentuk dari korosif yang sering terjadi pada logam dan bisa terjadi pada jangka waktu yang cukup lama.

Pengertian Korosif dan Kaitannya dengan Asam Sulfat

Pengertian Asam sulfat merupakan salah satu bahan yang paling dikenal dan mempunyai sifat korosif yang cukup kuat, dimana senyawa asam dan basa yang lain sebagian besar mempunyai sifat korosif terutama pada asam dan basa kuat. Contohnya sendiri yaitu Asam klorida (HCl) dan untuk korosif basa yaitu Natrium hidroksida (NaOH) serta basa alkali lainnya. Selain bersifat korosif asam sulfat juga sangatlah eksotermik dengan air. Air yang mempunyai masa jenis yang lebih rendah dari pada asam sulfat akan cenderung mengapung di atasnya, sehingga kalau air ditambahkan ke dalam asam sulfat yang pekat, maka bisa mendidih dan akan bereaksi dengan keras. Dan reaksi yang terjadi yaitu pembentukan ion hydronium:
H2SO4 + H2O → H3O+ + HSO4– HSO4– + H2O → H3O+ + SO42-

Sifat dari eksotermik asam sulfat dalam air juga bisa disebabkan dari sifat asam sulfat pendehidarasi atau penarik air yang sangatlah baik. Afinitas dari asam sulfat kepada air cukup kuat sehingga bisa memisahkan atom hydrogen serta oksigen dari suatu senyawa. Contohnya yaitu jika mencampurkan pati (C6H12O6)n dengan asam sulfat yang pekat maka bisa menghasilkan karbon serta air yang akan terserap ke dalam asam sulfat (Adapun yang bisa mengencerkan asam sulfat):
(C6H12O6)n → 6n C + 6n H2O

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Korosif dan Kaitannya dengan Asam Sulfat"

Post a Comment

1. Dilarang menggunakan kata-kata kasar atau pornografi.
2. Dilarang menggunakan live link ataupun link biasa.
3. Berkomentarlah dengan komentar yang relevan